Rabu, 10 Februari 2016

cara merawat kulit agar tidak berminyak

Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Timbul Jerawat

fiforlif
Kulit berminyak seringkali menjadi sumber masalah bagi wanita, mulai dari wajah yang kelihatan cepat mengkilap, kosmetik yang tidak tahan lama, kusam, komedo hingga jerawat. Untuk menanggulanginya, anda perlu mengetahuicara merawat kulit berminyak dengan baik. Penyebab kulit berminyak adalah kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan komedo dan produksi minyak berlebih. Pastikan bahwa anda selalu membersihkan sisa-sisa tata rias setelah kegiatan selesai dan cuci muka sebelum tidur.
Wajah cantik tanpa minyak berlebih
Wajah cantik tanpa minyak berlebih
Apakah kulit anda termasuk tipe berminyak? Berikut ini ciri-cirinya:
  • Tingkat elastisitas kulit tinggi, sehingga kulit tampak awet muda di usia senja
  • Permukaan kulit terlihat mengkilap dengan minyak di daerah dagu, dahi, hidung.
  • Pori-pori kulit lebar dan banyak terdapat komedo
  • Lapisan kulit tanduk sering terkelupas

Merawat wajah berminyak untuk mencegah timbulnyajerawat

Ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit berminyak. Yang terpenting adalah kurangi konsumsi makanan-makanan yang berlemak dan berminyak serta berolahraga agar peredaran darah lancar. Dengan cara ini, anda bisa menghemat pengeluaran untuk pergi ke salon maupun klinik kecantikan.
Kulit mengkilap akibat minyak berlebih
Kulit mengkilap akibat minyak berlebih
fiforlif
  • Pori-pori yang besar sering tersumbat saat terkena debu. Hal ini bisa diatasi dengan masker atau peeling alami. Haluskan pisang, campurkan dengan susu dan madu. Balurkan pada wajah selama 30 menit kemudian basuh muka dengan air hangat. Bilas kembali dengan air dingin agar segar. Lakukan teratur 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
  • Untuk mengurangi produksi minyak, rebus daun seledri. Setelah airnya matang dan suhunya normal, basuh wajah dan biarkan hingga mengering. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari atau dua hari sekali.
  • Ambil mentimun dan blender. Gunakan sebagai masker selama 30 menit dan basuh dengan air. Lakukan 2 kali seminggu.
  • Kurangi kadar minyal dengan olesan air perasan jeruk nipis. Namun, hal ini tidak dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif karena akan menimbulkan rasa perih, kemerahan, atau bahkan iritasi.
masker mentimun untuk mengatasi kulit berminyak
masker mentimun untuk mengatasi kulit berminyak

Perawatan harian untuk wajah berminyak dan berjerawat

Lantas bagaimana jika kulit anda sudah berjerawat atau rentan terhadap jerawat? Anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter kulit atau ahli kecantikan. Di samping itu, perhatikan dengan baik cara merawat wajah berminyak dan berjerawat. Misalnya:
  • Hindari bergonta-ganti produk kecantikan. Tidak perlu tergiur untuk ganti produk kecantikan hanya karena harga yang murah atau  janji manis iklan. Pastikan produk yang anda pilih sesuai untuk jenis kulit anda.
  • Jangan memencet atau memainkan jerawat agar tidak semakin parah.
  • Gunakan masker madu. Caranya, balurkan madu murni di wajah dan biarkan selama 15-20 menit lalu basuh dengan air. Khasiat madu sangat baik untuk kesehatan kulit dan menangkal timbulnya jerawat.
Masker madu untuk merawat kulit berminyak
Masker madu untuk merawat kulit berminyak
  • Perbanyak minum air putih untuk menghilangkan racun dan kotoran dalam tubuh.
  • Sehabis mencuci muka, jangan mengeringkan muka dengan cara menggosokkan handuk. Cukup beri tepukan-tepukan ringan pada kulit wajah.
  • Hindari pemakaian bedak padat untuk kegiatan ringan sehari-hari . Bedak padat dan alas bedak dapat menutupi pori-pori dan rentan menimbulkan jerawat pada wajah yang kulinya berminyak. Gantilah dengan bedak tabur yang lebih ringan di kulit.
http://www.cantikalamiku.com/cara-merawat-kulit-berminyak-agar-tidak-timbul-jerawat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar